About

Ahmad Edi Saputra

Thursday, January 1, 2015

Membuat pergeseran bit untuk Arduino pada Running Text

Baiklah sahabat toluent yang bersemangat membangun wawasan elektronikanya, kali ini kita akan membahas tentang algoritma pergeseran bit dari ASCII pada Running Text/Moving sign/display LED DOT Matrik.

Running text yang menggunakan sistem scan kolom membutuhkan nilai perhitungan dari ASCII data yang akan ditampilkan. Misalnya data yang akan ditampilkan adalah "toluent", jika diubah ke data ASCII akan menjadi array heksa 0x74,0x6F,0x6C,0x75,0x65,0x6E,0x74. untuk lebih jelasnya tentang ASCII lihat di SINI. Nilai tersebut akan di hitung dengan sebuah algoritma yang masing-masing nilai array akan menunjuk indek tertentu dan lima indeks setelahnya (untuk DOT Matrik 5x7).

Untuk dapat memahami algoritma perhitunganya, mari kita simak bahwa ASCII yang unsigned dari 0-255. Huruf 'a' sampai 'z' diwakili dengan ASCII 0x61 sampai 0x7A. Angka ini masih tidak akan dimengerti oleh LED DOT matrik kita, dengan artian tidak bisa langsung diproses begitu saja. Karena DOT matrik yang digunakan 5x7 maka satu ASCII harus dikali dengan 5 untuk mengakses indeksnya
lihat di cara pembuatan karakter DOT matriks.

No comments :

Post a Comment