About

Ahmad Edi Saputra

Wednesday, December 31, 2014

Pengenalan Arduino


Situs resmi Arduino (http://arduino.cc) menyebutkan bahwa Arduino merupakan sebuah sarana untuk membuat komputer yang lebih mampu merasakan dan mengendalikan unsur fisik dunia dibandingkan dengan komputer dekstop. Sebuah platform komputasi open-source dengan board mikrokontroler sederhana dan IDE untuk membuat perangkat lunak modul tersebut.

Arduino Memiliki IDE yang gratis dan dapat diunduh di sini. silakan download versi windowsnya, jika anda tidak menjadi administrator di laptop anda, maka download IDE yang arsipkan dalam format ZIP. maka IDE dapat anda simpan dimana pun, termasuk di flashdrive.

Arduino memiliki banyak jenis, mulai dari Arduino yang menggunakan mikrokontroler AVR sampai ARM. semua perintahnya sudah disesuaikan menjadi satu core Arduino itu sendiri sehingga kita tidak perlu mempelajari banyak register untuk setiap mikrokontroller. Arduino juga memiliki banyak support forum yang akan mempermudah kita mempelajari hal-hal baru didunia sistem tertanam.

Pada pemrogramanya, Arduino hanya membutuhkan dua fungsi dasar yaitu "setup" dan "loop". 
setup digunakan untuk melakukan konfigurasi arduino itu sendiri seperti deklarasi input dan output pin pada arduino yang akan digunakan. fungsi ini hanya akan dieksekusi satu kali diawal. sedangkan fungsi loop digunakan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berulang-ulang. seperti menggerakan motor bolak-balik secara terus menerus sampai catudaya diputus.

berikut contoh program untuk menghidupkan led user yang ada pada board arduino uno yang tersambung pada pin digital nomor 13.


//definisi untuk pin digital nomor 13 yang tersambung dengan led user
#define led  13

//fungsi untuk konfigurasi arduino dan hanya dieksekusi 1kali
void setup(){
//atur pin 13 sebagai output yaitu led
pinMode(led,OUTPUT);

//fungsi loop digunakan untuk melakukan rutin terus menerus
void loop(){
//menghidupkan led user pada board
digitalWrite(led,HIGH);
}

2 comments :

  1. artikel bagus gan, kunjungan baliknya di PENGENALAN DENGAN ARDUINO DAN JENIS ARDUINO ARGA YUDHA
    atau langsung ke website
    http://www.argayudhaadhiprama.com/2016/01/25/pengenalan-dengan-arduino/

    ReplyDelete
  2. artikelnya bagus gan, kunjungi juga website saya di " PENGENALAN DENGAN ARDUINO DAN JENIS ARDUINO – ARDUINO PROJECT "

    atau link.nya di http://www.argayudhaadhiprama.com/pengenalan-dengan-arduino/

    trimakasih dari argayudhaadhiprama.com

    ReplyDelete